mySkin

Tanda Kulit Berminyak, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Memiliki kulit wajah berminyak memang cukup mengganggu. Kulit berminyak disebabkan karena produksi sebum yang berlebih sehingga membuat kulit tampak berkilau dan mengkilap. Sebum merupakan minyak alami yang memiliki fungsi untuk merawat kulit agar tetap lembap.

Namun, apabila jumlah minyak ini terlalu banyak malah bisa menimbulkan masalah yang baru, salah satunya adalah menjadi mudah berjerawat.

Tanda-Tanda Kulit Bisa Berminyak

Minyak ini lebih sering muncul di bagian kulit kepala, punggung, dan wajah. Seseorang yang memiliki masalah ini biasanya mengalami gejala seperti kulit wajah yang basah, mengkilap, dan lengket, pori-pori terlihat besar, banyak tumbuh komedo, dan wajah menjadi lebih mudah berjerawat.

Selain itu, rambut juga akan menjadi mudah lepek karena kulit bagian kepala yang terlalu berminyak.

Penyebab Kulit Menjadi Berminyak

1. Tidak menggunakan pelembap

Penyebab kulit yang berminyak pertama adalah tidak memakai pelembap. Pelembap ini berfungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Oleh sebab itu, apabila kamu memiliki masalah kulit yang berminyak ini, jangan sampai melewatkan untuk menggunakan pelembap.

Pilih produk dengan keterangan “non-komodogenik” atau “bebas minyak” yang tidak menyumbat bagian pori-pori.

2. Hormon tidak seimbang

Selanjutnya, kulit yang berminyak juga bisa diakibatkan karena hormon yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini dapat membuat kelenjar minyak menjadi aktif berlebih. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti olahraga, pola makan, menstruasi, menopause, kehamilan, dan penggunaan alat kontrasepsi.

3. Berlebihan mengeringkan wajah

Salah satu hal yang kerap terjadi pada orang yang memiliki masalah kulit berminyak ini adalah merasa terganggu terhadap seringnya minyak yang muncul kembali ketika lama tidak mencuci muka. Hasilnya, orang tersebut menggunakan berbagai produk pengering muka seperti sabun scrub atau toner. Padahal ini justru akan membuat kulit menjadi lebih mudah berminyak.

4. Faktor genetik

Faktor genetik memiliki peranan juga dalam kemungkinan seseorang mengalami masalah kulit yang berminyak. Biasanya masalah ini diturunkan dari orang tua generasi pertama maupun kedua. Apabila salah satu dari orang tua memiliki masalah tersebut, maka peluang anak akan mengalami hal yang sama akan menjadi lebih besar.

5. Faktor usia

Selain faktor genetik, faktor usia pun juga terlibat. Ketika memasuki masa remaja dan dewasa, seseorang menjadi lebih rentan mengalami kulit yang berminyak. Hal ini dikarenakan semakin bertambah umur seseorang, maka kulit akan kehilangan protein yang disebut kolagen. Berkurangnya jumlah kolagen ini membuat kelenjar minyak menjadi bekerja lebih lambat dari biasanya. 

Konsultasi Wajah Gratis

Coba konsultasi wajah untuk mengetahui masalah kulit Kamu. Diagnosa wajah Kamu lebih akurat.

6. Stres

Tanpa disadari, masalah psikis pun ternyata juga bisa menyebabkan kulit menjadi berminyak. Salah satunya adalah stres. Tekanan pikiran yang berlebih bisa membuat masalah ini terjadi. Hal ini disebabkan karena ketika seseorang mengalami stres, maka produksi hormon kortisol akan meningkat dan mengakibatkan kulit memproduksi lebih banyak minyak.

7. Perubahan cuaca

Pada cuaca yang panas dan kering, kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak sebum daripada cuaca yang dingin dan basah. Hal ini memiliki tujuan supaya kulit tidak mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Akan tetapi, produksi sebum berlebih akan membuat kulit menjadi sangat berminyak.

8. Mempunyai pori-pori besar

Membesarnya pori-pori bisa terjadi seiring dengan pertambahan usia dan kenaikan berat badan. Seseorang yang memiliki pori-pori besar akan memproduksi minyak lebih banyak daripada orang yang memiliki pori-pori normal.

Walaupun pori-pori yang besar tidak bisa dikecilkan, namun kamu dapat melakukan pencegahan penumpukan kotoran pada pori-pori secara rutin menggunakan eksfoliasi.

9. Tidak cocok dengan produk skincare

Tidak semua produk skincare cocok untuk segala jenis kulit. Ketidaksesuaian skincare ini juga bisa membuat kulit menjadi berminyak. Inilah sebabnya kamu perlu memahami jenis kulit terlebih dahulu dan membaca label kemasan pada skincare sebelum membelinya. 

Mengatasi Kulit yang Berminyak

1. Memakai pelembap

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit yang berminyak adalah menggunakan pelembap. Beberapa orang yang mengalami masalah ini mungkin enggan untuk menggunakan pelembap karena dirasa akan membuat kulit menjadi lebih berminyak lagi. Padahal, pelembap tanpa kandungan minyak bisa membuat kulit tetap lembap tanpa harus terasa berminyak.

2. Eksfoliasi secara rutin

Melakukan eksfoliasi atau scrub wajah juga penting untuk dilakukan. Dengan melakukan secara rutin masalah kulit berminyak bisa segera diatasi karena membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Selain itu, cara ini juga sedikit membantu untuk mengecilkan ukuran pori-pori.

3. Tidak terlalu sering menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah rupanya bisa membuat kulit menjadi lebih sering berminyak. Hal ini karena tangan mungkin membawa minyak, bakteri, dan kotoran yang akan berpindah ke kulit wajah. Sentuh wajah hanya ketika menggunakan produk perawatan wajah saja. Selain itu, pastikan tangan kamu sudah dalam kondisi bersih sebelum menyentuh wajah.

4. Menggunakan kertas minyak

Kertas minyak memiliki fungsi untuk mengangkat minyak yang berlebih. Blotting paper atau kertas minyak ini memang mampu menyerap minyak dari kulit. Namun, kertas tersebut tidak bisa mengontrol produksi sebum. Meski begitu, cara ini bisa dilakukan untuk mengangkat minyak berlebih sepanjang hari secara langsung tanpa membutuhkan waktu yang cukup lama.

5. Mengeringkan wajah dengan tepat

Setelah mencuci muka memang diwajibkan untuk mengeringkannya. Namun, usahakan keringkan kepala dengan cara yang benar, yakni dengan menepuk-nepuk kulit dengan handuk secara lembut. Jangan pernah menggunakan handuk di wajah dengan menarik secara kasar karena hal tersebut bisa mendorong kulit memproduksi lebih banyak sebum.

Itulah beberapa informasi penting mengenai masalah kulit yang berminyak yang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Pada intinya, masalah ini bisa diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat dan tidak sembarangan dalam membersihkan wajah karena berpotensi membuat kulit mudah berjerawat.

Join the Conversation

1 Comment

  1. Pelembab seperti apa yang paling cocok untuk kulit berminyak ? Apakah kita tetap memakai pelembab ketika malam hari ?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×Halo! Ayo bicara dengan produk spesialis disini!