mySkin

Kenali 10 Penyebab Jerawat Pada Pria

Tidak hanya wanita yang memiliki risiko terkena jerawat namun pria pun sama. Banyak faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat pada pria ini terlebih kondisi kulit pria yang berbeda dengan wanita. Kondisi kulit pria lebih tebal membuat kerusakan atau jaringan parut yang lebih berat dibandingkan dengan wanita.Sama halnya dengan wanita dimana jerawat ini bisa membuat kecantikan dan juga penampilan pria menjadi terganggu. Kenali beberapa penyebab jerawat pada pria yang harus Kamu ketahui seperti berikut ini:

Stress

Yang pertama adalah stress. Sama dengan wanita dimana pekerjaan yang menumpuk, masalah keuangan dan lain sebagainya ini bisa menyebabkan pria menjadi stres. Ketika stress ini muncul kelenjar adrenal bisa memproduksi hormon bernama kortisol. Hormon ini yang menyebabkan jerawat pada pria.Saat merasa penat dan lelah dengan pekerjaan sehari-hari cobalah melakukan relaksasi dan juga meditasi supaya stress Kamu bisa tertangani dengan baik. Selain berdampak pada kesehatan kulit, stress ini jika dibiarkan juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh Kamu karena menjadi pemicu hipertensi dan beberapa penyakit yang lainnya.

Suka Makanan dan Minuman Manis

Salah satu penyebab jerawat adalah sering mengkonsumsi makanan manis maka siap-siaplah untuk jerawatan karena makanan ini bisa meningkatkan hormon pria. Selain itu juga bisa memicu tingginya produksi minyak di kulit. Hal ini menjadi pemicu wajah Kamu mudah jerawatan.

Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

Penyebab jerawat pada pria selanjutnya adalah tidak menjaga kesehatan dan juga kebersihan kulit. Jika Kamu malas membersihkan kulit setelah aktivitas seharian bisa membuat jerawat ini muncul. Kotoran, debu dan minyak menumpuk di wajah ini bisa membuat pori-pori tersumbat dan memicu pertumbuhan jerawat.

Aktivitas Outdoor

Jika pekerjaan Kamu mengharuskan bekerja secara outdoor maka risiko terkena jerawat lebih besar. Saat aktivitas outdoor ini kotoran, minyak dan polusi udara bisa menempel di kulit wajah Kamu. Tidak hanya itu saja polusi, kotoran, minyak dan polusi udara ini bisa membuat penuaan dini jika tidak diantisipasi dengan melakukan perawatan yang tepat.Jika Kamu sering aktivitas outdoor hal yang bisa Kamu lakukan adalah segera bersihkan wajah Kamu dengan menggunakan cleanser dan toner, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan facial foam agar kotoran, minyak dan lain sebagainya terangkat dan tidak menyumbat pori-pori wajah Kamu.

Handphone Jarang Dibersihkan

Hal yang sering tidak disadari pria dan sering menyebabkannya berjerawat adalah handphone yang kotor dan jarang dibersihkan. Tangan kotor dan sering menyentuh layar HP, bisa membuat kulit wajah Kamu rentan mengalami jerawat. Saat layar HP Kamu kotor bersihkan dengan menggunakan tisu antiseptik yang mana bisa membuat kuman dan bakteri yang menempel di layar HP menjadi hilang.

Jarang Membersihkan Sprei

Penyebab jerawat pada pria selanjutnya adalah jarang membersihkan sprei. Sprei ini akan bersentuhan langsung dengan kulit sehingga kondisi sprei yang kotor ini akan mentransfer kuman dan bakteri ke kulit wajah Kamu. Untuk menjaga kondisi kulit wajah Kamu sehat dan terbebas dari jerawat Kamu bisa mengganti sprei selama seminggu sekali. Selalu jaga kebersihan kamar dan barang-barang yang bersentuhan langsung dengan kulit Kamu karena hal ini bisa memicu jerawat.

Jarang Bercukur

Pria yang jarang bercukur akan berisiko mengalami jerawat pada kulitnya. Jenggot dan kumis pada wajah yang dibiarkan tanpa cukur menjadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri. Agar hal tersebut tidak terjadi jika Kamu merasakan kumis dan jenggot mengganggu segera lakukan cukur supaya kulit sehat dan terbebas dari jerawat bisa Kamu dapatkan.

Merokok dan Alkohol

Penyebab jerawat pada pria yang sering tidak disadari adalah kebiasaan merokok dan juga mengkonsumsi alkohol. Jika dibandingkan dengan perempuan, rokok dan alkohol ini memang sering dikonsumsi oleh pria. Rokok ini bisa membuat penyumbatan di pembuluh darah selain itu merusak sel-sel tubuh. Begitu pula dengan alkohol dimana merangsang aktivitas hormonal yang tidak sesuai sehingga bisa memicu produksi minyak di wajah ini meningkat. Tidak mengherankan jika kebiasaan ini mampu memicu jerawat tumbuh di wajah.

Gaya Hidup yang Buruk

Jika Kamu sering merasa jerawatan, hal tersebut bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk. Sadarkah Kamu jika makanan yang Kamu konsumsi sehari-hari tersebut memiliki efek ke kesehatan tubuh dan kulit wajah Kamu. Makanan penyebab timbulnya jerawat adalah makanan yang berminyak, mengandung kolesterol tinggi dan juga lemak jenuh. Mulailah untuk mengganti makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat seperti buah, sayur dan makanan yang kaya serat lainnya. Hindari karbohidrat olahan karena membuat tubuh memproduksi hormon yang menyebabkan jerawat.

Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Jarang mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup ini bisa membuat kulit Kamu menjadi kering, kusam dan berjerawat. Cukupi kebutuhan air putih setiap harinya dan rasakanlah perbedaannya.

Mencegah Jerawat pada Pria

Pria juga harus memperhatikan kesehatan dan juga kebersihan kulitnya. Tidak hanya wanita saja yang membutuhkan skin care namun pria pun membutuhkannya untuk membuat kulit lebih sehat. Untuk mencegah jerawat ini pria bisa mulai memilih skin care yang cocok dengan kondisi kulitnya, misalnya untuk kulit berminyak bisa memilih skin care khusus kulit berminyak.Pencegahan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab jerawat seperti minum air putih cukup, tidak merokok dan tanpa alkohol, gaya hidup dan pola makan sehat dan lain sebagainya. Lakukan pelan-pelan terlebih dahulu dan nikmati setiap prosesnya karena melakukan perubahan ini tidak bisa secara instan.Jerawat yang terlalu banyak dan penanganan yang salah hanya akan membuat wajah breakout. Jaga kulit dengan menghindari beberapa penyebab jerawat pada pria yang telah disebutkan diatas, semoga informasi ini bermanfaat untuk Kamu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×Halo! Ayo bicara dengan produk spesialis disini!