mySkin

5 Penyebab Jerawat Batu yang Sulit Hilang

Penyebab jerawat batu ini belum banyak diketahui. Jerawat batu biasanya lebih awet dibandingkan dengan jerawat bernanah. Biasanya jerawat bernanah ini akan sembuh ketika pecah atau nanah keluar dari benjolan. Berbeda dengan jerawat batu ini, dimana benjolannya tidak ada nanahnya namun terasa keras dan terasa nyeri. Ada juga jerawat batu kistik yang memiliki titik putih seperti nanah di atasnya.Pada dasarnya jerawat batu ini bisa terjadi karena penyumbatan sebum di pori-pori kulit. Kondisi jerawat ini akan semakin parah jika terkontaminasi dengan bakteri atau memiliki kebiasaan buruk berupa malas dalam mencuci muka secara rutin. Tidak hanya terjadi di kulit wajah saja namun juga bisa terjadi di area kulit yang lainnya seperti pundak, lengan atas, dada bahkan punggung. Jerawat ini sangat menyiksa, terasa nyeri, panas dan kebas.

Penyebab Jerawat Batu

Risiko penyebab jerawat batu ini sangat penting untuk Kamu ketahui. Memang penyebabnya sulit untuk dihindari dan dihilangkan namun setidaknya Kamu bisa meminimalisirnya dengan baik. Simak beberapa penyebabnya di bawah ini:
  • Genetik
Jerawat batu ini bisa muncul karena genetik. Jika dalam keluarga ini ada yang memiliki jerawat batu misalnya orang tua memiliki kulit yang berminyak dan mudah berjerawat maka hal ini bisa terjadi pada Kamu. Kondisi kulit yang berminyak ini memang lebih rentan terkena jerawat karena semakin banyak sebum maka semakin besar peluang penyumbatan tersebut terjadi.Jika Kamu memiliki kulit yang berminyak maka ada baiknya jika Kamu sering-sering merawat dan membersihkan kulit Kamu agar tidak banyak sebum yang menyumbat pori-pori Kamu.  Kamu bisa membersihkan kulit wajah Kamu dengan memilih sabun yang benar-benar cocok untuk kulit Kamu. Kamu bisa memilih sabun atau facial foam dengan bahan dasar yang lembut karena tidak akan membuat kulit mengalami iritasi. Jangan menggunakan sabun penyerap minyak karena akan membuat kulit Kamu berubah menjadi kering dan juga terasa seperti tertarik.
  • Regenerasi dan pertumbuhan kulit tidak normal
Penyebab jerawat batu selanjutnya yang wajib untuk Kamu ketahui adalah proses regenerasi yang lambat dan juga pertumbuhan sel kulit yang tidak normal. Saat sel-sel kulit mati ini tidak bisa berganti dengan cepat bisa menyebabkan penumpukan di lapisan permukaan kulit. Ketika terjadi peradangan ini bisa jadi jerawat tersebut bercampur dengan bakteri maupun kotoran yang datang dari debu maupun polusi.  Saat kondisi ini terjadi terus menerus maka kulit Kamu menjadi rentan berjerawat. Terlebih lagi jika tidak dibersihkan secara rutin maka jerawat tersebut akan semakin parah dan menimbulkan ketidaknyamanan pada kulit Kamu.
  • Kosmetik
Banyak yang tidak sadar jika pemakaian kosmetik secara intens bisa menjadi penyebab munculnya jerawat batu. Jerawat batu ini akan muncul ketika bahan-bahan di dalam kosmetik tersebut mengandung minyak. Produk kosmetik yang mengandung minyak ini bisa membuat wajah akan semakin berminyak dan membuat jerawat ini bisa muncul.Tidak hanya minyak saja yang membuat kulit dan wajah ini berjerawat namun ada beberapa kandungan yang memicu komedo dimana merupakan cikal bakal munculnya jerawat. Kondisi ini akan semakin diperparah jika kosmetik yang digunakan tersebut tebal ditambah dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Kosmetik akan bercampur dengan bakteri, minyak dan kotoran. Semuanya akan menempel menjadi satu di wajah dimana hal ini akan menyebabkan jerawat muncul.Kosmetik juga dipercaya menyumbat pori-pori wajah dan memicu peradangan di dalamnya. Semakin lama dibiarkan penyumbatan pori-pori tersebut memicu jerawat batu muncul. Jika Kamu terbiasa menggunakan make up tebal rajin-rajinlah dalam membersihkan wajah agar penyumbatan pori-pori ini tidak terjadi.
  • Hormon
Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah hormon. Faktor hormonal inilah yang menjadikan jerawat batu muncul. Biasanya kondisi ini bisa ditemui pada remaja yang sedang pubertas.  Di kondisi ini, peningkatan hormon bisa memicu pertumbuhan jerawat di wajah dan juga di kulit lainnya.Tidak hanya di masa pubertas saja namun perubahan hormon androgen ini sering terjadi saat perempuan memasuki masa menstruasi.  Hormon estrogen ini akan meningkat bersamaan dengan hormon androgen. Peningkatan kedua hormon ini akan bisa menyebabkan jerawat menjadi timbul. Kondisi lainnya yang bisa menyebabkan hormon ini tidak stabil adalah kehamilan, konsumsi pil KB, stress yang berlebihan yang bisa menyebabkan produksi sebum ini menjadi berlebihan.
  • Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat ini menjadi salah satu faktor penyebab jerawat batu. Gaya hidup tidak sehat ini seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, mengkonsumsi junk food, kurang minum air putih sampai dengan waktu istirahat tidak tercukupi dengan baik ini bisa memicu jerawat muncul. Alasan kebiasaan merokok ini bisa memicu tumbuhnya jerawat karena kebiasaan buruk ini bisa membuat pembuluh darah rusak dan juga sel-sel kulit menjadi rusak. Rusaknya sel kulit ini bisa memicu penumpukan sel kulit mati yang kemudian bisa menyumbat pori-pori wajah. Tidak mengherankan jika kebiasaan ini bisa memicu tumbuhnya jerawat.Makanan junk food ini banyak mengandung minyak dan juga kolesterol tinggi.  Makanan ini bisa meningkatkan produksi minyak di wajah dimana jika tidak diimbangi dengan konsumsi air putih dan istirahat yang cukup kulit menjadi tidak sehat dan rentan mengalami jerawat.

Ciri dan Gejala Jerawat Batu

Umumnya ciri utama dari jerawat batu ini adalah benjolan terasa keras, merah dan mirip dengan bisul. Jerawat juga ada yang memiliki tekstur lunak namun menimbulkan rasa sakit saat disentuh.  Selain itu ada beberapa gejala lain yang bisa menandakan Kamu mengalami jerawat kistik seperti benjolan besar merata dan memiliki puncak putih yang terangkat ke bagian atas. Demikianlah beberapa informasi tentang penyebab jerawat batu dan gejalanya yang menarik untuk Kamu simak semoga informasi ini bermanfaat untuk Kamu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×Halo! Ayo bicara dengan produk spesialis disini!