fbpx

mySkin

7 Cara Mengurangi Hormon Jerawat Pada Pria Terampuh

menekan hormon jerawat pria
menekan hormon jerawat pria
Home » Gaya Hidup » 7 Cara Mengurangi Hormon Jerawat Pada Pria Terampuh

7 Cara Mengurangi Hormon Jerawat Pada Pria Terampuh

Tidak hanya wanita saja yang berpotensi memiliki jerawat namun pria pun memiliki risiko yang sama. Jerawat ini membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Terlebih lagi jika jerawat tersebut tumbuh atau muncul di beberapa lokasi sekaligus. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat ini namun pada pria jerawat ini sering dipicu oleh hormon.

Jerawat hormon biasanya ditemukan saat pubertas. Jerawat hormon ini dipicu oleh perubahan atau fluktuasi hormon dimana terjadi saat masuk usia pubertas. Meski begitu individu berapapun akan mengalami jerawat hormon ini. 

Ada beberapa hormon yang memiliki kontribusi besar terhadap kemunculan jerawat ini seperti hormon estrogen, hormon progesteron, dan juga hormon androgen. 

Mengenal Hormon Androgen dan Pengaruhnya Terhadap Jerawat

Setelah Kamu mengetahui cara mengurangi hormon jerawat pada pria, saat ini harus mengenal apa itu hormon androgen dan hubungannya dengan jerawat. Hormon androgen ini merupakan hormon yang dimiliki oleh laki-laki. Umumnya hormon ini mengatur tentang segala hal yang berhubungan dengan reproduksi pria. 

Androgen merupakan kumpulan hormon dimana jenisnya yang paling aktif adalah testosteron. Androgen ini juga mengatur proses pubertas pada pria dimana mereka akan memiliki banyak perubahan fisik seperti tumbuh kumis dan janggut, perkembangan organ seksual bahkan hormon ini dipercaya sebagai hormon pemicu jerawat saat pubertas. 

Saat pubertas, androgen bisa meningkat. Peningkatan tersebut bisa menyebabkan produksi minyak di kulit meningkat. Minyak inilah yang nantinya menjadi ladang subur munculnya jerawat. Tidak hanya saat pubertas saja namun pria yang kadar hormonnya tidak seimbang ini akan memiliki masalah pada kulitnya, menyebabkan kulit berminyak kemudian memicu timbulnya jerawat. Jika Kamu mengalami masalah dengan jerawat ini ada beberapa cara mengurangi hormon jerawat pada pria yang bisa Kamu lakukan berikut ini:

Menekan Hormon Androgen

Jika hormon androgen di dalam tubuh Kamu tinggi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menekan hormon androgen tersebut seperti berikut ini:

Konsumsi makanan rendah karbohidrat

Jika Kamu sudah mengetahui penyebab jerawat yang sering muncul maka mudah bagi Kamu untuk mengatasinya dan mencegah jerawat tersebut balik kembali. Jika penyebab jerawat Kamu disebabkan oleh hormon androgen yang tinggi hal yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Karbohidrat ini tidak hanya ada pada nasi namun ada pada sumber makanan pokok lainnya seperti jagung, ketela, kentang maupun sagu.  

Pola hidup sehat

Untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh ini Kamu bisa menjalankan pola hidup sehat. Konsumsi air putih cukup, hindari minuman bersoda tinggi gula dan yang terakhir perbanyak serat. Untuk Kamu yang mengalami gangguan keseimbangan hormon ini pola makannya memang harus berhati-hati sekali karena asal mengkonsumsi makanan hormon tersebut akan mudah naik dan meningkat tajam.

Hindari Makanan Kalengan

Tips mengurangi hormon jerawat pada pria yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari makanan kalengan. Makanan kalengan ini mengandung banyak pengawet. Hindari pula makanan daging olahan yang telah dikalengkan. Tidak hanya itu saja manisan yang dikalengkan ini sebaiknya juga dihindari. Alasannya adalah makanan tersebut tinggi glukosa. Makanan ini bisa memicu jerawat berlebih karena meningkatkan insulin yang mana membuat hormon menjadi tidak seimbang.

Batasi Makanan dan Minuman Olahan Susu

Jika Kamu mengkonsumsi makanan dan minuman olahan susu terlalu sering hal ini bisa memicu jerawat. Alasannya adalah makanan dan minuman olahan dari susu ini bisa memicu hormon di dalam tubuh Kamu bereaksi dengan menghasilkan kelenjar minyak yang menjadi pemicu jerawat.

Batasi Whey Protein

Jika Kamu merasa sering berjerawat maka Kamu bisa membatasi mengkonsumsi whey protein. Whey protein ini bisa Kamu temukan pada makanan dan juga suplemen olahraga. Whey protein ini juga sering ditemukan pada kandungan susu yang mana menjadi pemicu munculnya jerawat. Hormon pertumbuhan yang mempercepat pertumbuhan otot juga bisa memicu pertumbuhan jerawat.

Untuk mengurangi hormon jerawat pada pria perawatan dari dalam ini lebih efektif namun untuk mengurangi keluhan yang ada di kulit dan mengatasi peradangan akibat jerawat tersebut Kamu membutuhkan skin care yang tepat.

× Hai! Ada yang bisa saya bantu?