mySkin

Ini Makanan Untuk Mencegah Jerawat Paling Ampuh Dengan Pengolahan yang Tepat

Tak sedikit orang berjerawat yang rela bayar mahal untuk mendapatkan treatment dan obat untuk mencegah jerawat muncul lagi. Padahal sebenarnya secara alami, banyak makanan pencegah jerawat yang murah dan familiar bagi tubuh.

Kandungan sejumlah produk makanan, mampu menjadi tameng bagi kulit kamu supaya tidak lagi mudah terserang jerawat. Berikut ini, ada beberapa rekomendasi yang bisa dikonsumsi dan sudah terbukti manfaatnya.

Mengandung Zinc

Zincmerupakan mineral yang penting untuk meminimalisir radang dan inflamasi, sehingga ketika pori-pori wajah dan bagian tubuh lainnya tertutup dan diisi oleh kotoran. Tidak akan berkembang jadi jerawat, melainkan berproses secara alami mengeluarkan debu dan berbagai kotoran tanpa jadi radang.

Bahan makanan kaya Zinc diantaranya adalah:

  • Kacang Mete

Pengolahan terbaiknya adalah, dengan dipanggang dan dijadikan cemilan harian kamu. Dengan begitu asupan Zinc yang dibutuhkan tubuh tercukupi, tapi tentunya tetap perlu diimbangi dengan berbagai kandungan gizi lainnya. 

  • Daging Kalkun dan Daging Sapi

Pengolahan terbaik bisa dengan cara direbus atau dipanggang, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak habis akibat proses pengolahan yang salah.

  • Tiram

Kandungan Zinc yang ada di dalam produk hasil laut ini juga terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. kamu bisa mengkonsumsinya mentah bersama irisan lemon, atau diolah sesuai selera.

  • Biji Buah Labu

Merebus biji labu, bisa membantu tubuh mendapatkan nutrisi Zinc yang dibutuhkan. Sehingga kondisi kulit jadi lebih sehat dan bebas jerawat.

Konsultasi Masalah Kulit

Dapatkan tips merawat wajah dari Dokter spesialis kulit berpengalaman

Kandungan Vitamin Penting

Vitamin yang penting untuk membuat kulit bebas jerawat dan tidak mudah bermasalah, adalah vitamin A dan vitamin E. Beberapa makanan alami yang banyak mengandung vitamin ini dan disarankan untuk dikonsumsi bagi para penderita masalah jerawat adalah:

  • Pepaya

Kandungan vitamin A pada pepaya bisa memenuhi setidaknya 33 persen kebutuhan manusia. kamu bisa menjadikannya buah segar yang dikonsumsi usai makan pagi dan makan malam.

  • Labu

Labu mengandung 43 persen vitamin A di setiap 100 gramnya, mengkonsumsi labu rebus atau panggang sangat disarankan untuk membuat kulit lebih sehat anti jerawat.,

  • Alpukat

Kalau buah berwarna hijau ini, punya kandungan vitamin E 2,07 mg, memadukannya dengan buah yang mengandung vitamin A tentu dapat membantu kulit tidak mudah ditumbuhi jerawat bandel.

  • Almond

37 persen vitamin E terdapat pada kacang almond, makanya banyak yang menyarankan untuk menjadikannya jenis kacang cemilan terbaik. 

  • Bayam

Sayur hijau yang satu ini mengandung 2 mg vitamin E, walaupun tidak harus setiap hari tapi bayam juga bisa menjadi sumber vitamin E yang tepat.

Kalsium

kalsium dan kacang dapat mencegah jerawat

Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi kalsium tinggi berikut ini, supaya kondisi kulit benar-benar sehat dan tidak mudah berjerawat. Diantaranya adalah:

  • Kacang Kedelai 

Kandungan Kalsium pada kacang kedelai mencapai 261 mg untuk setiap cangkirnya. Pengolahannya bisa dalam berbagai bentuk, seperti tahu, tempe, atau minum susu kacang kedelai secara rutin setiap hari.

Dengan asupan kalsium yang cukup setiap hari yaitu 1000 mg untuk orang dewasa, maka kondisi kulit kamu akan relatif sehat dan tidak berjerawat, apalagi kalau diikuti dengan pola makan dan hidup yang sehat.

  • Ikan Salmon 

Ikan Salmon selain mengandung Omega-3 juga punya kandungan 181 mg Kalsium pada setiap 300 mg ikan. Dengan proses pemanggangan, bisa membantu kamu mencukupi nutrisi untuk memiliki kulit yang sehat.

  • Oatmeal

Makanan ini cocok dijadikan menu sarapan secara rutin. Satu mangkuknya mengandung setidaknya 105 mg Kalsium. Jadi, ketika kamu ingin memenuhi kebutuhan harian Kalsium maka bisa memadukan beberapa makanan kaya Kalsium secara bergantian.

Omega 3 dan Antioksidan

Omega 3 juga punya fungsi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kebutuhan harian untuk wanita dewasa mencapai 1100 mg sedangkan pria dewasa mencapai 1600 mg. Beberapa makanan berikut ini bisa memenuhi kebutuhan tersebut, jika kamu ingin terhindar dari masalah jerawat dan punya tubuh yang sehat.

Sama halnya dengan antioksidan yang juga sangat dibutuhkan tubuh, agar memiliki daya tahan tinggi dan khususnya bebas masalah jerawat.

  • Kacang Kenari

Adalah makanan dengan kandungan Omega 3 tertinggi yaitu mencapai 8000 mg untuk setiap 100 mgnya. Biasanya kacang ini diolah menjadi salad hingga pelengkap desert karena punya rasa gurih dan crunchy.

  • Ikan Kembung

Kandungan Omega 3 ikan jenis ini mencapai maksimal 2600 mg, tergantung ukuran ikan tersebut. 

  • Ikan Teri

Jenis ikan kecil ini juga jadi sumber Omega 3 yang cukup tinggi, karena memiliki setidaknya 2100 mg pada setiap konsumsi 100 mg ikan teri.

  • Buah Bit

Dikenal sebagai sumber antioksidan tinggi, akar tumbuhan ini sering diolah menjadi berbagai makanan manis dan pewarna makanan alami. Dalam 100 gram buat bit terdapat 1,7 mmol antioksidan.

Ternyata banyak bahan makanan pencegah jerawat alami yang sebenarnya sudah sering kamu konsumsi setiap hari. Mulai sekarang, terapkan hidup sehat dengan mencukupi kebutuhan masing-masing nutrisi di atas. Hasilnya? Masalah jerawat tidak akan jadi keluhan rutin kamu lagi setiap saat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×Halo! Ayo bicara dengan produk spesialis disini!