mySkin

Jerawatan Saat Menstruasi dan Cara Mengobatinya

Bagi seorang perempuan, wajah merupakan harta yang paling berharga setelah rambut. Karena itulah perempuan selalu menjaga wajahnya agar terhindar dari munculnya jerawat. Pencegahan agar wajah tidak jerawatan terkadang juga gagal, apalagi jika sedang menstruasi. Hormon yang tidak terkontrol menyebabkan saat menstruasi jerawatan.

Fakta Mengenai Jerawatan Saat Menstruasi

Menstruasi merupakan sebuah siklus bulanan pada perempuan yang tidak dapat dihindari terkecuali jika sedang hamil maka perempuan tidak akan mengalami menstruasi. Siklus bulanan tersebut waktunya tidak selalu sama pada setiap perempuan.

Range normal antara 21 hingga 35 hari menstruasi akan datang. Berikut ini hal yang menyebabkan terjadinya siklus menstruasi dan fakta ilmiahnya sehingga muncul jerawat :

1. Hormon

Hormon esterogen selalu meningkat saat terjadi menstruasi dan hal ini sangat normal pada perempuan. Meningkatnya hormon ini terjadi karena merupakan reaksi alami tubuh perempuan yang sedang mempersiapkan bagian rahim untuk proses pembuahan. Dan terkadang perubahan hormon ini juga akan mempengaruhi kadar minyak pada kulit.

Jika memang memungkinkan kondisi kulit yang menghasilkan begitu banyak minyak dapat menyebabkan kulit cepat kotor. Karena kotor, maka kuman akan masuk ke dalam bagian kulit sehingga terkadang munculah jerawat.

2. Stress

Stress merupakan salah satu faktor yang menentukan range atau jangka waktu akan menstruasi. Biasanya setiap wanita yang mengalami stress tinggi akan mengalami keterlambatan. Karena itulah biasanya yang memperngaruhi siklus bulanan seorang perempuan.

3. Kondisi kulit

Kondisi kulit merupakan fakta terjadinya jerawat saat menstruasi. Kondisi kulit pada perempuan terkadang menjadi sangat sensitif saat haid. Pada umumnya perempuan memiliki kadar minyak yang cukup pada kulit saat datang bulan atau menstruasi. Meningkatnya kadar minyak pada kulit wajah tersebut terkadang penyebab munculnya jerawat.

Cara Mengobati Jerawat Saat Menstruasi

Meski menstruasi merupakan siklus wajib bulanan, namun tetap ada cara untuk mengatasi jerawat saat menstruasi. Berikut ini adalah cara mencegah munculnya jerawat saat menstruasi :

Dapatkan Tips Sembuhkan Jerawat Menstruasi

Konsultasikan masalah jerawat kamu dengan dokter spesialis kulit berpengalaman

1. Jaga kebersihan wajah

Wajah merupakan salah satu daerah yang sangat mudah untuk dibersihkan sekaligus sangat rentan terkena kotoran. Hal ini terjadi karena wajah memiliki pori-pori yang sangat banyak dan wajah mudah mengeluarkan minyak. Minyak merupakan salah satu media bagi kotoran untuk menempel pada wajah.

Karena itu wajah merupakan daerah yang mudah dibersihkan sekaligus daerah yang paling rentan untuk kotor. Selalu menjaga wajah tetap bersih adalah salah satu langkah untuk terhindar dari jerawat. Jerawat dapat dengan mudah muncul selama ada minyak dan kotoran yang menempel pada wajah.

Bersihkan wajah lebih sering pada perempuan yang sedang menstruasi, karena pada perempuan yang sedang menstruasi pada bagian wajah menghasilkan banyak minyak yang mampu mengikat kotoran dengan mudah.

Selain membersihkan wajah secara teratur menjauhkan dari munculnya jerawat, membersihkan wajah secara teratur saat menstruasi juga dapat mengurangi stress saat menstruasi.

2. Cuci tangan

Tangan merupakan salah satu bagian yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Hal ini dapat terjadi jika saat tangan kotor dan memegang wajah, maka secara otomatis akan ada kotoran yang menempel di wajah.

Karena itu selalu cuci tangan dengan benar akan menjauhkan dari resiko munculnya jerawat. Meski cuci tangan sudah dilakukan, namun alangkah baiknya jika tidak memegang wajah menggunakan tangan saat tidak sedang merawat wajah.

3. Perhatikan asupan nutrisi

Saat tubuh mengalami perubahan hormon, tentu pola asupan makanan dan nutrisi juga harus disesuaikan. Jika terlalu banyak gula, karbohidrat atau susu maka kadar gula dalam tubuh akan tinggi adalah makanan pemicu jerawat. Jerawat muncul bukan karena faktor dari luar tubuh saja, melainkan dari dalam tubuh juga.

4. Perbanyak air putih

Air putih pada tubuh merupakan bagian yang sangat penting sehingga dengan minum banyak air putih dapat membantu proses metabolisme dengan sempurna. Proses metabolisme yang sempurna dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak atau racun dalam tubuh.

Selain untuk membantu metabolisme, air juga dapat membantu tubuh dalam melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Kulit juga akan terjaga kelembapannya karena kadar air pada kulit terpenuhi dengan baik.

Air putih juga dapat membantu melancarkan aliran darah, jika aliran darah kurang lancar maka akan muncul jerawat pada kulit. Jerawat sebenarnya dapat menjadi patokan bahwa peredaran darah tidak lancar. Selain untuk mencegah jerawat air putih juga membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan saat menstruasi sehingga tidak lemas.

Itulah tadi informasi mengenai faktamenstruasi jerawatan yang harus dipahami dengan bijak. Terkadang maksud dari mitos adalah untuk sebuah kebaikan, namun dalam menyampaikan tujuannya tidak menggunakan dasar logika yang jelas sehingga terkadang kurang dapat dipercaya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×Halo! Ayo bicara dengan produk spesialis disini!