mySkin

8 Penyebab Muncul Komedo Tidak Kunjung Hilang, Bandel dan Berulang

Muncul komedo tidak kunjung hilang membuat banyak orang putus asa. Komedo ini selain bisa menyebabkan wajah terlihat tidak halus juga menyebabkan make up tidak menempel dengan sempurna. Permukaan kulit yang ada komedonya ini jika diraba akan terasa kasar. Banyak yang tidak sabar dengan kehadiran komedo tersebut kemudian memilih untuk memencetnya. Memencet komedo ini memang cara paling praktis untuk membuatnya hilang dari dalam pori-pori kulit, namun tahukah Kamu jika cara tersebut justru membuat komedo semakin bertambah parah? Komedo akan semakin banyak dan yang menjengkelkan adalah komedo tersebut akan muncul di area yang sama secara terus menerus. Lalu apa saja yang menjadi penyebab muncul komedo tidak kunjung hilang tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

Kebiasaan Buruk Memencet Komedo

Penyebab komedo yang pertama ialah kebiasaan memencet komedo secara paksa keluar dari pori-pori kulit. Hal ini akan menyebabkan komedo Kamu menjadi bertambah, semakin parah dan bisa menyebabkan infeksi kulit. Terlebih lagi jika Kamu memencetnya dengan menggunakan tangan kotor tentu hal ini tidak bagus untuk kulit.

Kondisi Kulit Berminyak

Muncul komedo tidak kunjung hilang juga disebabkan oleh kondisi kulit berminyak. Tidak bisa dimungkiri bahwa tipe kulit berminyak ini memicu berbagai masalah pada kulit seperti komedo, jerawat dan pori-pori besar. Jika kondisi kulit berminyak maka penting bagi Kamu untuk mengurangi produksi minyak di kulit tersebut. Cara mengontrol produksi minyak di kulit Kamu ini bisa dengan menggunakan skin care yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Teliti kandungan dan komposisi bahan di dalamnya apakah ada yang membuat kandungan minyak di kulit Kamu semakin berlebih atau tidak. Kamu juga bisa mengurangi makanan berminyak dan berlemak karena akan membuat sebum semakin meningkat.

Sering Mengkonsumsi Junk Food

Muncul komedo tidak kunjung hilang ini juga sering disebabkan oleh konsumsi junk food berlebihan. Tidak hanya perawatan dari luar saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo ini namun harus diimbangi perawatan dari dalam. Terlalu banyak mengkonsumsi junk food ini menyebabkan banyak masalah di kulit Kamu. Selain tinggi lemak dan garam, kandungan kalori dan karbohidrat di dalamnya ini membuat produksi minyak di kulit Kamu semakin meningkat.

Sering Konsumsi Susu

Susu ini juga bisa menyebabkan jerawat dan masalah kulit yang kompleks. Jika komedo Kamu sering muncul terus menerus dan menyebabkan ketidaknyamanan produk susu dan berbagai macam olahannya ini bisa menjadi penyebabnya. Bukan berarti Kamu tidak boleh mengkonsumsinya karena susu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kamu bisa mengkonsumsi susu dan olahannya secara tidak berlebihan. Selain itu perhatikan jumlah asupan dan nutrisi yang dibutuhkan dalam keseharian Kamu.

Makanan Pedas

Muncul komedo tidak kunjung hilang bisa disebabkan oleh makanan pedas. Makanan pedas ini bisa memicu kelenjar di kulit untuk memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak sehingga setelah mengkonsumsi makanan pedas Kamu akan merasakan kulit Kamu semakin berminyak. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa komedo dan masalah kulit lainnya bisa muncul. Memang sulit untuk mengurangi makanan pedas ini. Jika Kamu penyuka pedas dan sering mengkonsumsi makanan pedas coba kurangi tingkat kepedasan, kurangi pula intensitasnya karena sering mengkonsumsi makanan pedas ini juga tidak bagus untuk pencernaan Kamu. Untuk mencegah jerawat dan komedo ini Kamu bisa mencuci muka setelah mengkonsumsinya.

Menyukai Gula

Rasa gula memang sangat manis, tidak mengherankan jika gula ini disukai oleh banyak orang. Hal yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah terjadinya komedo secara berulang-ulang adalah membatasi konsumsi gula. Gula ini bisa menyebabkan produksi minyak di kulit Kamu menjadi berlebih sehingga menyebabkan komedo muncul secara membandel.

Merokok

Merokok ini membuat kondisi kulit Kamu semakin buruk. Asap rokok yang Kamu hembuskan ini selain tidak bagus untuk organ pernapasan juga bisa membuat kondisi kulit Kamu kering, kusam bahkan komedoan. Oleh sebab itu Kamu harus menghindari kebiasaan tidak sehat tersebut.

Pelembab yang Salah

Pernakah meneliti kandungan pada pelembab Kamu? Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pelembab menjadi salah satu penyumbang munculnya komedo di kulit wajah. Memang pelembab ini akan membuat kondisi kulit Kamu tidak kering, namun menggunakan pelembab yang salah hanya akan membuat kondisi kulit Kamu buruk.Untuk menghindari hal ini Kamu bisa meneliti kandungan yang ada pada pelembab tersebut, selain itu sesuaikan dengan kondisi kulit Kamu. Jika kulit Kamu berminyak maka pilih pelembab yang bisa menyerap minyak di kulit Kamu, jika sensitif pilih yang aman dan tidak menimbulkan iritasi, dan kulit kering bisa menggunakan pelembab yang bisa melembabkan wajah. Tidak bagus jika kulit berminyak menggunakan pelembab untuk si kulit kering karena akan menyebabkan muka seperti kilang minyak. Saat kondisi kulit seperti itu beragam masalah kulit bisa muncul.

Pencegahan Komedo

Ada 2 jenis komedo, yakni whitehead dan blackhead. Untuk mencegah munculnya komedo yang membandel ini bisa dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat. Batasi makanan yang bisa membuat kulit Kamu memunculkan minyak dan komedo. Selain itu Kamu bisa menggunakan make up dan juga skin care yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Kamu. Yang terakhir adalah jangan malas merawat dan membersihkan kulit Kamu setiap hari. Setiap hari minyak, kotoran dan sel kulit mati menumpuk di kulit sehingga dengan perawatan dan pembersihan secara teratur ini ketiga hal tersebut bisa terangkat sempurna dari kulit wajah Kamu.Komedo ini memang sering muncul berulang dan tidak kunjung hilang. Jika Kamu memiliki masalah muncul komedo tidak kunjung hilang kenali dulu beberapa penyebabnya, setelah itu Kamu baru bisa mengatasi dan mencegahnya dengan cara yang tepat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×Halo! Ayo bicara dengan produk spesialis disini!