mySkin

Wajib Tahu! 6 Alasan Kulit Mudah Berjerawat, Hingga Tips Untuk Menghindarinya

Kulit wajah yang berjerawat, menjadi keluhan banyak orang. Bukan tanpa alasan, ternyata hal itu bisa terjadi karena banyak hal yang tak disengaja bahkan sengaja tanpa kamu sadari. Apa penyebab kulit mudah berjerawat itu dan bagaimana mengatasinya?

Jerawat merupakan masalah kulit kategori umum, yang disebabkan tersumbatnya pori-pori kulit akibat sel mati yang menumpuk. Banyak jenis jerawat yang dikeluhkan, dengan tingkat keparahan berbeda tergantung jenis kulit penderitanya. 

Ternyata ini 7 Alasan Kulit Mudah Berjerawat

Ada tujuh alasan mengapa kulit bisa sangat mudah jadi tempat munculnya jerawat. Terkadang, orang mengabaikannya sehingga jadilah jerawat tak kunjung hilang dari wajah. Apa saja alasannya?

1. Kosmetik Berlebihan

Wajah cantik dengan kosmetik dan make-up memang mampu menampilkan kecantikan maksimal. Tapi, ketika terlalu banyak jenis kosmetik yang dipakai untuk lapisan make up maka akan rentan menyebabkan jerawat. 

Alasannya, karena akan terjadi penumpukan kotoran, debu, dan bekas kosmetik pada pori-pori yang memicu jerawat muncul.

2. Pecinta Makanan Manis dan Gorengan

Apa hubungannya makanan manis dengan jerawat? Penelitian menyebutkan kandungan gula berlebih akan memicu timbulnya jerawat di berbagai bagian tubuh. Begitu juga dengan gorengan yang mengandung banyak minyak, juga jadi alasan seseorang mudah diserang masalah jerawat.

3. Tidak Tuntas Obati Jerawat

Mengobati jerawat harus sampai tuntas, jangan hentikan ketika jerawat sudah kempes saja. Hal itu bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat baru di area sekitar jerawat lama tersebut. Ini sering diabaikan, dengan pertimbangan ketika jerawat kempes tandanya infeksi dan radang sudah selesai.

Padahal masih ada tahap yang disebut recovery, dimana sel kulit butuh waktu untuk membangun sel baru di area bekas jerawat.

4. Kulit Berminyak

Kulit berminyak apalagi dibarengi jarang cuci muka, akan menjadi alasan jerawat senang nongol. Minyak alami wajah yang seharusnya menjaga kelembaban wajah, akan menjadi penyebab tertutupnya pori-pori dan berujung radang dan jerawat bandel.

5. Keturunan

Ketika orang tua kamu dulunya punya masalah jerawat, sangat besar kemungkinan kamu juga akan mengalaminya.

6. Stres dan Hormonal

Stres juga akan memicu timbulnya jerawat. Apalagi ketika stres mempengaruhi pola makan yang jadi tidak menentu, sehingga berimbas pada kondisi kulit yang tidak sehat. Ujung-ujungnya jerawatlah yang muncul. 

Begitu juga dengan masalah hormonal, seperti pada wanita menjelang siklus menstruasi, disebut juga jerawat menstruasi. Dimana hormon kewanitaan akan diproduksi lebih banyak, berdampak pada kesehatan kulit dan memperbesar kemungkinan muncul jerawat.

Kenapa Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat Daripada Kulit Kering

Kulit yang berminyak lebih mudah berjerawat, karena minyak alaminya diproduksi lebih banyak sedangkan pada tipe kulit kering jumlah minyak alami yang dihasilkan jauh lebih sedikit. Sehingga untuk menjaga kelembaban dibutuhkan pelembab tambahan berupa produk skincare atau makanan penunjang.

Perbedaan lainnya, kulit dengan minyak berlebih memang lebih rentan mengalami masalah jerawat. Apalagi ketika kamu mengalami stres berlebih, ditunjang kondisi cuaca yang super panas. Sedangkan kulit kering, lebih rentan mengalami masalah iritasi sebab lapisan kulit pada wajah cenderung tipis.

Konsultasi Masalah Jerawat

Konsul masalah kulit wajah kamu dengan dokter spesialis. Dapatkan diagnosa dan tips untuk wajah Kamu. Gratis!

Mulai sekarang, jangan lagi abaikan masalah jerawat, apalagi punya jenis kulit mudah berjerawat. Kenali penyebabnya dan lakukan pencegahan dengan cara yang tepat. Kalau bukan kamu yang menjaga kulit sendiri, siapa lagi!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×Halo! Ayo bicara dengan produk spesialis disini!